Saturday, September 8, 2012

Berjaga-jaga Terhadap Dosa - Kain

"..... Tetapi jika engkau tidak berbuat baik, dosa sudah mengintip di depan pintu; ia sangat menggoda engkau, tetapi engkau harus berkuasa atasnya." - Kej 4:7b

Saat sebelum Kain membunuh Habel, sebenarnya Allah sudah memperingatkannya. Akan tetapi, seperti yang telah kita ketahui ceritanya, Kain tidak mendengarkan peringatan itu dan tetap membunuh adiknya, Habel.
Sebenarnya, saat dosa itu sudah mulai mendatangi kita, Tuhan (Roh Kudus) akan mengingatkan kita tentang apa yang benar, yang harusnya kita lakukan. Tetapi Tuhan tidak bisa memaksa kita karena kita diberikan kehendak bebas, apa yang mau kita pilih. mengijinkan dosa itu menguasai kita, atau kebalikannya, kita menguasai dosa itu dan tidak mau melakukannya.
Di Perjanjian Baru pun, rasul Petrus mengatakan demikian:

"Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya." - 1 Pet 5:8

Iblis itu akan selalu ada untuk mencari celah di hidup kita. tinggal sekarang bagaimana kita menghadapinya.
Saat itu Kain telah memilih untuk dikuasai oleh dosa, dan dia sudah menanggung akibat dari pilihannya itu. sekarang bagaimana dengan kita? apakah kita mau seperti Kain, atau kita mau memilih untuk berkuasa atas dosa dan tidak mengijinkan dosa masuk dalam kehidupan kita? It's all about our choice. =)

- Lin -

No comments:

Post a Comment